HYPNO-TEACHING; Metode Pengajaran Terdahsyat

 

DSC07712

Akhir-akhir ini saya banyak mendapat pertanyaan dari kawan-kawan dosen dan para guru, dari guru TK hingga SMU, apa sebenarnya Hypno-Teaching? Ada banyak data dan informasi yang dapat di-googling dari internet menyangkut hypno-teaching ini. Melalui tulisan singkat ini saya menjelaskan hypno-teaching ini sesederhana mungkin sehingga dapat dengan mudah anda pahami. Yakinkan diri anda bahwa inilah penjelasan yang paling sederhana dan mudah dipahami. Bayangkan saya atau guru anda berdiri di hadapan anda membacakan informasi ini untuk anda. Serius dan fokuslah karena anda benar-benar ingin mengetahuinya.

Hypno-teaching adalah salah satu pendekatan ‘baru’ dalam dunia pendidikan, khususnya dalam proses belajar mengajar. Saya sebut ‘baru’ dalam tanda kutif karena kebenarnya tidak benar-benar baru karena beberapa guru dan dosen selama ini sudah menerapkannya walaupun tanpa disadari. Dari istilah, ada dua kata Bahasa Inggris  yaitu hypno dan teachingHypno adalah ilmu hypnosis atau hipnotis  dan teaching adalah mengajar.

Saya memulainya dari istilah teaching atau mengajar. Apa itu mengajar? Mengajar itu adalah memberikan informasi kepada seseorang yang membuat seseorang dari tidak tahu menjadi tahu. Sudah, itu saja definisinya, jangan ditambah-tambah lagi. Sangat sederhana! Sebelum belajar seseorang tidak tahu bahwa 2+2 berapa. Namun setelah belajar dia menjadi tahu bahwa 2+2 itu hasilnya adalah 4. Makanya banyak yang memakai istilah guru yang berarti gu artinya kegelapan, dan ru artinya terang benderang. Guru adalah seseorang yang membuat sesuatu yang gelap menjadi jelas. Sangat sederhana.

Jika ‘pengetahuan’  2+2 sama dengan 4 itu kita sebut data (pengetahuan), maka dengan kata lain, mengajar itu sebenarnya adalah menyampaikan  ‘data’  kepada seseorang dan sesorang itu menyimpannya. Bukti dia menyimpan data tersebut adalah kapan pun ditanya tentang data itu dia bisa kembali menunjukkannya. Sekarang pertanyaan intinya adalah dimana ‘data’ anda tetang 2+2 adalah 4 itu disimpan? Nah jawabannya ternyata ‘gudang’ penyimpanan data itu adalah ALAM BAWAH SADAR.

Menurut penelitian akademis yang telah dipercayai selama ini bahwa otak manusia itu cara kerjanya dibagi menjadi dua yaitu alam SADAR (consciousness) dan alam BAWAH SADAR (sub-consciousness). Jika diprosentasekan ternyata alam sadar itu perannya hanya 12% dan alam bawah sadar adalah 88%. Maka dari itu hampir semua keseharian kita sebenarnya dikendalikan oleh alam bawah sadar termasuk diantaranya penyimpanan data atau pengetauan. Termasuk juga di dalamnya data nama anda sendiri. Ada proses panjang orang tua anda memasukkan data bahwa nama anda adalah X. Sehingga, itulah mengapa sampai detik ini anda masih ingat nama anda, karena data itu telah tersimpan.

Sekarang sudah semakin terang, saya ulangi bahwa proses mengajar itu adalah memasukkan data ke dalam alam bawah sadar peserta didik karena data tersebut  di simpan di sana. Tentu pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara memasukkan data itu langsung ke alam bawah sadar? Caranya,  ibarat kita hendak memasukkan sesuatu, katakanlah dokumen, ke dalam sebuah rumah, maka kita harus mempelajari dulu seluk beluk, atau struktur bangunan rumah tersebut; dimana pintunya, dimana jendelanya, di mana kamarnya, dan lain-lain. Atau paling gampang cari kuncinya singga kita bisa dengan mudah masuk ke dalam rumah tersebut dan kita simpan dikumen itu di sana.

Sekarang mari memahami Hypnosis atau Hipnotis. Hypnosis atau hipnotis adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk dan kunci alam bawah sadar. Dengan ilmu hipnotis kita bisa dengan mudah memasukkan data ke alam bawah sadar dan juga mengeluarkan / menghapus data tersebut. Itulah makanya anda sering melihat pertunjukan hipnotis (hypno-stage) di panggung hiburan atau di TV ada orang yang bisa lupa namanya sendiri. Itu ril dan tidak ada kong kali kong antara subjek dengan master. Yang dilakukan oleh master adalah menghapus data nama subjek dari alam bawah sadarnya. Karena data tersebut sudah tidak ada lagi, maka dia tidak bisa meyebutkan namanya sendiri. Proses penghapusan itu 100% hanya dilakukan dengan kata-kata dan tidak mengandung mejik, klenik, dukun, atau ilmu hitam lainnya. Hipnotis itu murni ilmu psikologi tentang komunikasi persuasif untuk membuka alam bawah sadar seseorang.

Disinilah keterkaitan antara hipnotis dan pengajaran yang kemudian disebut dengan hypno-teaching. Singkatnya, hypno-teacing adalah mengajar dengan menggunakan metode hypnosis untuk menyampaikan ilmu pengetahuan langsung ke alam bawah sadar peserta didik. Bukan pula dengan menggunakan metode ini, siswa anda tidur seperti yang anda lihat di tayangan TV. Siswa belajar seperti biasa tapi dengan tingkat kefokusan yang luar biasa. Inilah penjelasan sederhana tentang hypno-teaching. Hypno-Teaching salah satu metode pengajaran terdahsyat saat ini.

 

Manfaat Hypno-Teaching

Jika anda membaca tulisan ini dengan teliti dari awal sampai saat ini, maka sebenarnya anda sudah tahu manfaat dari metode pengajaran ini. Bayangkan dan rasakan anda seorang guru yang berdiri di hadapan para murid dan anda mengajar dengan senang hati karena semua yang anda sampaikan langsung bisa dipahami oleh para murid karena ilmu yang anda sampaikan LANGSUNG sampai ke tempat penyimpanannya yaitu alam bawah sadar para peserta didik. Yakinlah, tidak ada kebahagian yang lebih besar bagi seorang guru kecuali melihat anak didiknya bisa menerima ilmu yang ia berikan. Sehingga, bagi guru, mengajar menjadi sangat mudah dan menyenangkan karena semua yang diajarkan dapat dipahami. Bagi siswa, semua ilmu yang diberikan guru dapat diterima dengan baik. Kelas menjadi menyenangkan. Proses pembelajaran menjadi sangat ‘manusiawi’. Tidak perlu ada guru yang main pukul, main cubit, main tendang, atau paling tidak guru yang berkoak-koak di depan kelas dan murid hiruk pikuk di belakang, dsb. Tidak ada murid yang stress, yang bunuh diri, yang fobia dengan PR, dsb. Dan banyak lagi manfaat yang dapat dirasakan langsung dengan menggunakan metode ini.

Saya ingin mengingatkan para guru atau dosen. Mengajarlah dengan cara dan metode yang sesuai dengan zaman. Dulu para guru tidak perlu khawatir terhadap muridnya yang tidak mengerjakan tugas karena tidak ada sinetron yang mengganggu. Sekarang anak-anak kita ‘berperang’ melawan banyak tantangan hanya untuk mengerjakan tugas rumah. Maka kita sebagai guru atau dosen harus terus menyesuaikan (meng-update) diri dengan metode pengajaran yang sedang berkembang. Kita harus terus belajar!

Untuk kepentingan-kepentingan tertentu, bagi guru datau dosen yang menguasai ilmu ini, juga dapat digunakan untuk kepentingan terapi. Saat ini banyak para siswa yang telah terperangkap dalam ‘kejahatan-kejahatan’ yang tidak wajar dilakukan oleh seorang siswa seperti pergaulan bebas, merokok, alkohol, nakoba, pembunuhan, pemerkosaan, bully teman sendiri, dan lain sebagainya. Anak-anak yang telah ‘terperangkap’ dalam hal-hal seperti ini dapat diatasi dengan hypno-teraphy. Guru atau dosen bisa berperan langsung untuk mengatasinya. Lebih-lebih, untuk  di sekolah, ilmu ini sangat bermanfaat bagi guru Bimbingan Konseling (BK).

Bagaimana Belajar Hypno-Teaching?

Selagi anda mau mengasah diri, anda bisa belajar sendiri melalui berbagai media seperti buku, video (youtube.com), atau bacaan-bacaan dari internet. Jika sulit belajar sendiri, ikutilah pelatihan-pelatihan. Dibawah manajemen Ghazwan International College – Motivation saya telah memberikan ratusan seminar dan pelatihan  Hypno-Teaching  untuk guru-guru di berbagai daerah seluruh Indonesia. Jika Bapak dan Ibu guru dan dosen tertarik untuk mendalami metode ini, silahkan menghubungi saya Bahren Nurdin, SS., MA.   eMail: bahren_nurdin@yahoo.com  HP 0852-6685-9000. Terima kasih.

Tulisan ini juga telah dipublikasikan di Harian Jambi Ekspres (Jawa Pos Group), Jambi, Harian Jambi, dan Tabloid Pendidikan

Bisa diakses di weblog pribadi saya: www.bahren13.wordpress.com

13 Tanggapan

  1. Terimakasih penjelasannya. Izin copas ya. Mksh

  2. CARIKAN DONG MATERI UNTUK TESISI SAYA .TENG YU

  3. Makasih ya atas penjelasannya…

  4. Saya tertarik, bagaimana cara melaksanakan pelatihan itu ?

  5. […] Bayangkan dan rasakan anda seorang guru yang berdiri di hadapan para murid dan anda mengajar dengan senang hati karena semua yang anda sampaikan langsung bisa dipahami oleh para murid karena ilmu yang anda sampaikan LANGSUNG sampai ke tempat penyimpanannya yaitu alam bawah sadar para peserta didik. Yakinlah, tidak ada kebahagian yang lebih besar bagi seorang guru kecuali melihat anak didiknya bisa menerima ilmu yang ia berikan. Sehingga, bagi guru, mengajar menjadi sangat mudah dan menyenangkan karena semua yang diajarkan dapat dipahami. Bagi siswa, semua ilmu yang diberikan guru dapat diterima dengan baik. Kelas menjadi menyenangkan. Proses pembelajaran menjadi sangat ‘manusiawi’. Tidak perlu ada guru yang main pukul, main cubit, main tendang, atau paling tidak guru yang berkoak-koak di depan kelas dan murid hiruk pikuk di belakang, dsb. Tidak ada murid yang stress, yang bunuh diri, yang fobia dengan PR, dsb. Dan banyak lagi manfaat yang dapat dirasakan langsung dengan menggunakan metode Hypno Teaching. Info Workshop kami di 0856-9349-5903 khusus guru SD Angkatan 1 bulan desember 2014 Se DKI Jakarta. Sumber : https://bahren13.wordpress.com/2012/10/12/hypno-teaching-metode-pengajaran-terdahsyat/ […]

  6. assalamualaykum.. pak adakah buku yg menejelaskan n cara pelaksanaan hypno teaching secara rinci?

    • walaikumsalam,jika buku yang Ibuk tanya, ada buk. ada banyak sekali buku tentang hypnoteaching di pasaran/toko buku. tapi jika yang ibuk tanyakan ‘secara rinci’ ini agak susah dijawab karena mungkin, bagaimana pun, buku tidak akan secinci jika ibuk ikut pelatihannya. ada banyak pelatihan yang diselenggarakan. tapi hakikatnya, tetp bisa otodidak melalui buku jika Ibuk dengan serius dan hati-hati mempelajarinya, terima kasih.

  7. Metode ini cukup bagus tapi sayang ga ada refrensi tentang siapa penggagas dari metode ini

  8. Mohon info pelatihan nya dan biaya nya pak ?

  9. my website…

    http://tadika.tk

    terima kasih…

    SZW0W-RW1VJ-AYAND-V08VB-2W3EQ

  10. Sangat bermanfaat infonya

Tinggalkan komentar